Sabtu, 10 Juli 2010

Laporan Laba Rugi - Oleh: A.Kuddy

Sedikit saya coba membahas mengenai Laporan Laba/Rugi. Teringat ketika saya mengikuti ujian komprehensif akuntansi untuk mata kuliah akuntansi manajemen, sempat saya di tanyain sama dosen, "Coba kamu jelaskan sekaligus kamu gambargan format Laporan Laba rugi secara sederhana saja katanya"?

Teman-teman tentunya tahu kalo yang namanya Laporan Laba/Rugi merupakan salah satu komponen dari komponen-komponen utama yang ada di dalam laporan keuangan selain Neraca, Perubahan Modal, dan Arus Kas.
Laporan Laba/Rugi Adalah Salah satu komponen laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai kinerja atau prestasi kerja dari suatu perusahaan yang terdiri dari Pendapatan Usaha dan Beban Usaha dalam satu periode tertentu. Jadi, laporan laba/rugi, yaitu terdiri dari Pendapatan dan Beban.

Perlu untuk teman-teman ketahui bahwa ada 2 bentuk Laporan Laba/Rugi, yaitu:

Bentuk Single Step
Di dalam laporan Laba/Rugi bentuk Single Step, semua Pendapatan dikelompokkan tersendiri di bagian atas dan dijumlahkan, kemudian semua beban dikelompokkan tersendiri di bagian bawah dan dijumlahkan. Artinya jumlah pendapatan dikurangi jumlah beban, selisihnya merupakan laba bersih atau rugi bersih.
Jadi: Pendapatan Jasa – Beban2 = Laba/Rugi
Contoh Formatnya:



Bentuk Multiple Step.
Di dalam laporan Laba/Rugi bentuk Multiple Step, Pendapatan dibedakan menjadi pendapatan usaha dan pendapatan lain-lain, demikian halnya dengan beban dibedakan menjadi beban usaha dan beban lain-lain. Pendapatan dan beban di sajikan pertama kemudian pendapatn dan beban lain-lain disajikan kemudian.
Format bentuk Multiple Step:


Semoga bermanfaat


3 komentar :

Unknown mengatakan...

hasil nya memang beda ya single sama multiple nya?

Xclmedia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

usaha apa ini kak?

Posting Komentar